Facing The Giants serta kaitannya dengan IBD


Film Facing The Giants memiliki banyak pesan yang mendalam di setiap bagian adegannya. Facing The Giants memiliki kaitan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Diantaranya Manusia dan cinta kasih, Manusia dan penderitaan serta Manusia dan harapan.

Manusia dan Cinta Kasih :
Cinta kasih bisa dirasakan untuk siapa saja dan kepada siapa saja. Terutam cinta kepada tuhan. Cinta kasih pengertiannya adalah sebuah perasaan yang ada di dalam hati manusia, tidak menuntut balasan, tulus dan setia. Dalam film Facing the giants, kecintaan Grant Taylor kepada Tuhan membuktikan bahwa dirinya menjadi pribadi yang lebih kuat dan berani. Membuat dirinya ikhlas dan menerima segala hasil yang diberikan oleh Tuhan. Berkat cinta kasih tuhan kepada dirinya juga membuat hidupnya menjadi baik dan luar biasa. Dalam kehidupan pekerjaannya, hubungannya dengan anak didiknya dalam timnya, serta kehidupannya dengan istrinya.

Manusia dan penderitaan:
Penderitaan adalah sebuah perasaan yang dirasakan oleh manusia ketika manusia tersebut dihadapkan oleh sesuatu yang sulit atau tidak bisa diterima oleh manusia itu sendiri. Pada awal kehidupan Grant Taylor sebelum ia lebih dekat dengan tuhan, banyak sekali masalah yang datang ke kehidupannya, lalu membuat dirinya terpuruk dan marah. Hidupnya tidak damai dan penuh tekanan. Setiap masalah yang bertubi-tubi datang dalam kehidupannya membuat dirinya menderita dan sedih. Kehidupannya tersebut seakan-akan tidak memiliki jalan keluar dan terus terpuruk. Sehingga penderitaan itu tidak hanya dirasakan oleh dirinya namun istrinya Brooke Taylor juga ikut merasakannya.

Manusia dan Harapan:
Harapan adalah sesuatu yang menjadi impian atau hasrat dan keinginan yang dirasakan oleh manusia, tanpa adanya harapan kehidupan akan menjadi monoton dan tidak ada perkembangan. Harapan Grant Taylor untuk membawa tim nya menang dalam tiap pertandingan setelah 6 tahun mengalami kegagalan, membawa dirinya ke kehidupan yang lebih baik. Awalnya untuk menggapai harapan tersebut sulit, namun ia bisa mengatasinya setelah ia berusaha semampunya dan yakin bahwa Tuhan akan selalu ada dan membantu. Sehingga ketidakmungkinan yang pada awalnya dirasakan. Karena harapan, usaha serta doa yang kuat membawa Giant Taylor ke masa yang membahagiakan dan melalui masa-masa sulitnya.


Sumber : Sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kritik Interpretatif

HUTAN KOTA UNIVERSITAS INDONESIA

Kritik Impresionis